OK.ARYA ZULKARNAIN LAYAK JADI PEMIMPIN KABUPATEN BATU BARA

Ok.Arya adalah anak dari pasangan almarhum OK.Zulkifli dan Basrah ini , merupakan anak pertama dan lahir di Solo Jawa Tengah. Dan setelah dalam usia satu tahun , OK.Arya di bawa kembali ke Sumatera yakni rumah atoknya H,Maulana Tanjung Putus Kec Talawi.

Ayah OK.Arya pindah tugas ke perkebunan Tanah Jawa Simalungun dan Ibunya Basrah melanjutkan kuliah di Medan. Selang usia 3 tahun lahir pula adiknya yang di beri nama OK.Iskandar Krisna dan biasa di panggil OK.Kena.

OK.Arya tumbuh bersama atoknya di tanjung putus Labuhan Ruku.Dikampung OK biasa di panggil dengan nama Eri dan ia sangat di sayang oleh uwaknya (kaka ayah) yang bernama Fatimah Zahara atau lebih di kenal dengan nama buk Ingah yang berpropesi sebagai guru di labuhan Ruku pada Waktu itu.

Pada masa pertumbuhan OK.Arya sering disuruh neneknya mengantar makanan buat atoknya di kebun sirih Kampung Kodah. Hingga usianya mencapai lima tahun ia di bawa ibunya ke Medan untuk masuk sekolah. Kemudian ibunya bekerja sebagai Dosen Di Medan dan sampai kini Basrah di kenal sebagai Guru Besar(Profesor) di Universitas Sumatera Utara.

Pada tahun 1999 terdengar khabar adanya Undang-undang pemekaran daerah, maka secara serempak masyarakat di tujuh kecamatan Batu-bara bermusyawarah untuk memekarkan kabupaten Asahan menjadi Kab Asahan dan Kabupaten Batu-Bara.

Dalam Proses perjuangan pemekaran ini sebelumnya dimulai dalam dua generasi yakni tahun 1957 dan 1964-1967, namun tak pernah dapat direalisasikan karena tidak adanya payung hukum yang mendukung persoalan pemekaran tersebut.

Gerakan Masyarakat Batu-Bara untuk menuju pemekaran ini mulai menunjukkan jati diri dan melakukan berbagai upaya di mulai tahun 1999 dan tahun 2000, segala upaya di lakukan OK.Arya hingga Kab Asahan di mekarkan tahun 2007.

OK.Arya terus memimpin perjuangan masyarakan untuk menuntut pemekaran kab Batu Bara, dan melanjutkan perjuangan pemimpin terdahulunya yakni Sahari Zakaria dan Anjar Amri dengan nama Gemkara (gerakan masyarakat menuju pemekaran  kabupaten batu bara).

Pada masa itu OK.Arya bertugas di PEMKO MEDAN bagian Keuangan, kemudian pindah ke Deli Serdang juga sebagai Kabag Keuangan , secara bersamaan terjadi pemekaran Deli Serdang  yakni Kab Serdang Bedagai dan Kab Deli Serdang, beliau di tunjuk sebagai kepala Dinas Pendapatan (Kadispenda) dan sekaligus sebagai Sekretaris Daerah (pj Sekda) . Dalam menjalankan kariernya di Serdang Bedagai , OK.Arya berhasil  dengan baikmeskipun hampir setiap hari turun ke Batu Bara untuk menjalankan misi pemekaran , tapi tugas yang di emban sebagai Kadispenda dan Sekda tetap di jalani dengan maksimal.

Karena keberhasilan dalam berkarier , beliau di anugerahi oleh Presiden RI Bambang Susilo Yudoyono berupa penghargaan SATYA LENCANA WIRA KARYA TAHUN 2007 , hingga ahirnya perjuangan masyarakat Batu Bara bersama OK.Arya terwujud dengan di syahkannya UU pemekaran Kabupaten batu Bara yang sebelumnya di sidangkan DPR RI di gedung Nusantara I  Jakarta setelah mendapat amanat Presiden RI (Ampres) dan bukan inisiatif DPRD Asahan melalui pansus , melainkan pemekaran kabupaten Batu Bara terjadi melalui Amanat Presiden Republik Indonesia.

Kemudian amanat Presiden di terima melalui Mentri dan di sampaikan Dewan Petimbangan Otonomi daerah  yang meliahat bahwa perjuangan masyarakat Batu Bara untuk mewujudkan kabupaten , bener-benar sebagai  keinginan dan cita-cita yang murni.

Dan setelah batu –bara di mekarkan tahun 2007, dan beliau akhirnya pulang kampung  halaman Batu Bara dan berhasil pulang ke kampung halaman baru dan meninggalkan masa kariernya gemilangnya  sebagai  pj Sekda dan Kadispenda Sergei.

Meski hanya menjabat sebagai Kadis Perikanan dan kelautan Batu bara , namun dirinya ikhlas dan gembira dapat berkumpul bersama sanak keluarga , menurutnya meski hujan emas di negeri orang , hujan batu di negeri sendiri , namun demi marwah dan membangun kampung halaman , saya siap berkorban dan mengabdikan diri.

“doakan saya , semoga Allah melindungi masyarakat batu bara “ujar OK.Arya.

Sumber berita Barapos edisi 30 Juni-05 Juli 2008.

10 Tanggapan

  1. saya sangat setuju sekali OK.Arya memimpin batu bara ini …

  2. saya adalah mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi d jogjakarta saya bersal dari limapuluh, ada beberapa hal yang ingin saya sampikan. yang pertama pemekaran batu bara seharusnya bukan sebuah startegi atau motif untuk bagi-bagi kekuasaan, yang kedua permasalahan masyarakat batu bara sejatinya adalah pendidikan dan seharusnya pemda mampu berperan dalam membangun fasilitas pendidikan gratis untuk rakyat serta kesehatan gratis untuk rakyat menjadi hal penting yang harus direalisasikan oleh pemda dan pembangunan infrastruktur desa, semoga perjuangan pembebasan batu bara dari asahan bukan karena kepentingan pribadi ataupun kelompok

  3. @wandhani bastian
    moga aja apa yang kita takuti atas pemekaran batu bara tidak akan terjadi, doakan ya bang supaya batu bara kita ini jaya

  4. Wah ternyata OK Arya itu lahir di Solo ya..
    Pantas orang bilang nama sebenarnya Aryo bukan Arya.
    Tapi kok ngaku-ngaku putra Batubara seh?
    Katanya marga ayahnya Barus bukan orang Melayu, jadi gelar OK nya dari mana?
    Lagian kok ngaku-ngaku pejuang batubara? Bahkan dia tidak termasuk 49 tokoh penggagas Batubara.

    Dan, Pahlawan itu gak pernah ngaku dirinya pahlawan. Pahlawan itu ikhlas hanya mengharap pahala dari Allah, makanya disebut pahalawan.

    Informasi ini saya dapat di
    http://batubaranews.wordpress.com/2008/08/11/pantun-pks-batubara-menyambut-pasangan-nomor-1/#comments

    Isinya begini :

    tau kah anda… hal yang paling menarik disela2 perhelatan PILKADA kab. BATU BARA adalah…
    Diantara 2 OK Calon bupati Kab. Batu Bara siapa yang sebenar nya lbh baik??
    silahkan Simak…

    1. OK Saidin, termasuk dari 49 org tokoh Penggagas kab. Batu bara yang tergabung di dalam GEMKARA yang di deklarasikan di Univ. amir Hamzah Medan. OK aria? tidak termasuk…
    2. OK Saidin, Asli putra Daerah batu Bara, krn Kelahiran kp. Terap Kec. lima puluh… OK Aria…??? kelahiran jauh… dari salah satu daerah di jawa, tanya aja ke KPU tentang data nya
    3.gelar OK yang melekat pada SAIDIN adalah benar2 gelar keturunan adat melayu karena ayah Ibu nya jelas dan msh dapat ditelusuri keberadaan nya di KP.Terap-Simp.Dolok-Lima Puluh… gelar OK pd OK Aria??? tau deh… liat sendiri data nya, ayah nya saja bermarga “BARUS”… yang asli melayu adalah ibu nya. lantas OK nya dr mana??? tau` elap…liat data nya di berkas pendaftaran nya di kpu.
    4.OK Saidin seorang pns, dosen di USU yang terkenal bersih,jujur cerdas dan tidak pernah terlibat tindak Korupsi… OK Aria??? meninggalkan banyak kasus ketika Beliau menjabat di Pemkab SERGAI… nggak percaya?? tunggu aja tanggal main nya

    cukup dulu lah…nter disangka fitnah…
    saya hanya merasa berkepentingan sebagai putra Daerah batu Bara, untuk meluruskan Opini yang sebenar nya.
    hati-hatilah dalam memimilih…

    Catatan
    -Yahdi Khoir & Ibrahim Usman, adalah dua org pejabat yang pernah menduduki jabatan penting di Kab. ASAHAN. mereka berdua terkenal sebagai masyarakat Batu Bara yang Menentang berdiri nya Kab. Batu Bara… hal ini dapat Anda tanyakan kebenaran nya kepda Bapak, Sahari zakaria, H.darius, SH m.Hum,Muhyan,AA dll yang tercatat sebagai Deklarator GEMKARA.

    – Januari Siregar??? hahaha…Ayah nya china yang menikah dengan Wanita Batak, kemudian Ayahnya dianugerahi Marga Siregar…

    semoga Info ini dapat membuka pemahaman kita tentang sejarah berdirinya kab. Batu Bara yang kita Cintai..

    Ssst… denger2 dia bakal diperksa oktober nanti terkait jabatannya di Sergai dulu…. Tapi ini rahasia. Jangan bilang sapa-sapah yah…

  5. Tolong komennya jangan dihapus ya Pak. Biar fair lah gituh……!!!

  6. kenapa berita nya sepihak gini bung? coba cari berita tentang OK arya dari sisi lain, benarkah anda yakin OK Aria benar2 telah bekerja maksimal di Sergai? atau telah maksimal meraup keuntungan pribadi dari proses pemekaran Sergai. alasan membangun batu bara, padahal kasus nya di kejaksaan Tb. Tinggi?? yang sudah P21?? tentang korupsi yang dulaku kan nya di Sergai?? apa anda nggak tau tuh? atau karena ada uang nya ya? jadi anda pura2 dalam perahu he he he

  7. Sayang sekali komen disini dimoderasi. Jadi kalau tidak sesuai dgn kemauan siempunya blog maka akan dihapusnya. Nggak fair. Mungkin komen inipun akan dihapusnya.

  8. Salam Semenanjung Batu bara……..

    Jika dari visi dan misi sudah nampak niat baiknya..
    apa yang kita kwatirkan………..
    akan tetapi yang namanya manusia pasti ada salah dan silaf……
    untuk itu saya berpendapat agar ……kita yang bersilaturrahmi lewat dunia maya………..khusunya putra daerah batu bara….USUL…….untuk membuat KOMUNITASA BLOG BATU BARA…..agar apa yang menjadi usulan dan masukan bagi kab.BATU BARA dapat tercapai…………..Secepatnya….sebab kawan-kawan di Medan……sudah tidak ssabar untuk memberi masukan-masukan untuk pembangunan batu bara akan tetapio kawan-kawan tidak tahu…..cara dan penampung inspirasinya siapa….
    untuk itu KAWAN yang ada di batu bara cobalah bentuk komunitas blog batu bara…..
    Okeh terima kasih atas perhatiannya

    Wassalam
    Akr_6675

  9. @dian
    @arman hanif
    kalau memang OK Arya Korupsi , sudah dari dulu di sikat KPK, asal tau aja ya…. KPK lebih garang dari polisi, tentang berita yang di dapat dari batubaranews, itu hanya untuk melakukan produknya OK Saidin, jangan ngaku sok sucilah OK Saidin, nyatanya memang kalah
    emangnya asal PKS bersih, PKS aja ngak di terima di masyarakat batu bara

  10. Ass….. saya nak medan kelahiran kab. batubara, tepatnya di desa labuhan ruku kec. labuhan ruku……..

    saya sangat bangga sekali meliat perkembangan Kab.Batubara….. tetapi kalau menurut saya tolong kepada bapak OK. Arya mohon Fasilitas di Kab. batubara terutama di Kec. Talawih dan 50 untuk di bagusin lagi demi kesejaterahaan masyarakat dan warga nya……. oh ya 1 lagi jangan lpa juga dengan fasilitas transportasinya bus yang jurusan Medan-Batubara di perbanyak, terutama bus besar Batubara dan Tanjung Tiram. Ok pak………. Salam dari……saya. Kebetulan ayah saya sedang bekerja di Kantor Bupati Batubara. hahahahahaha…….. GOOD LUCK TO BATUBARA…….dan juga Pemimpin nya……….MERDEKA……!!!!……GEMKARA……..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: